Uncategorized

Kita sambut Ramadhan dengan sukacita

Ramadhan 1441H

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang kita peroleh sampai saat ini sehingga kita bisa bertemu dengan bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan, bulan dimana kaum muslimin di seluruh dunia berlomba-lomba melakukan kebaikan.

Salawat serta salam kepada panutan kita, teladan kita, Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan contoh yang terbaik bagi kita orang yang beriman.

Sahabat-sahabat, bulan Ramadhan di Jepang kali ini berbeda dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Di Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Syiar Islam seperti Shalat Teraweh bersama di Masjid, Kajian Islam selepas Shalat teraweh bersama Ustadz yang diundang dari Indonesia, buka puasa bersama, Tabligh Akbar, I’tkaf di berbagai masjid dapat kita lakukan. Tetapi untuk tahun ini kita tidak bisa melaksanakan Syiar-syiar tersebut.

Pada bulan Ramadhan kali ini, kita perlu mensiasati agar waktu yang banyak ini tidak berlalu begitu saja tanpa perencanaan. Dalam suasana Wabah Covid-19 ini, Allah memberikan banyak sekali waktu kepada kita untuk merenung, beribadah, bercengkrama dengan keluarga, waktu untuk belajar dll. Ditambah lagi, bulan Ramadhan kali ini jatuh bertepatan dengan liburan panjang Golden Week di Jepang.

Dengan adanya wabah Covid-19 ini bermunculan banyak sekali Kajian Islam online yang dibuat oleh para ustadz kita. Kita tinggal menyusun jadwal, tanggal berapa dan jam berapa kita ingin mendengarkan Kajian-kajian ini. Kajian-kajian ini sangat kita butuhkan dalam rangka menambah ilmu agama kita.

Ada 2 Keyword yang ingin saya sampaikan di dalam kata sambutan Ramadhan kali ini.

Keyword yang pertama adalah Target. Kalau dalam bahasa Jepangnya 目標.

Pada satu kesempatan seorang Sprinter pelari cepat dunia yang Legendaris yaitu Carl Lewis berkunjung ke satu sekolah SD di US. Setelah bercerita di depan anak-anak SD, ada salah seorang murid yang bertanya kepada dia.

“Carl Lewis … Bagaimana caranya sehingga anda bisa lari 100 meter dalam waktu kurang dari 10 detik? “
#Record terbaik : 9.86 detik

Carl Lewis menjawab :

“Saya membuat target dalam berlatih. Target saya adalah bisa berlari 100 meter dalam waktu kurang dari 10 detik. Dengan membuat target itu, segala daya upaya saya keluarkan, latihan saya lakukan dengan serius untuk mencapai target tersebut. “

Jawaban tersebut memberikan satu hint kepada kita bagaimana cara untuk mencapai sesuatu, yaitu kita harus membuat Target. Dengan adanya Target, segala usaha akan kita lakukan untuk mencapainya.

Sahabat-sahabat, Ramadhan baru dimulai hari ini. Di bulan inilah seluruh kaum muslimin di seluruh dunia berkompetisi untuk melakukan segala hal-hal yang baik. Inilah saatnya kita membuat Target yang kita inginkan dalam mengisi bulan Ramadhan tahun ini.
Bila kita sudah bisa mengkhatamkan Al-Qur’an 1x pada tahun lalu, kita bisa meningkatkannya menjadi 2x khatam dalam Ramadhan kali ini. Bila kita sudah hafal Al-Qur’an 1 juz, bisa kita tambah agar bisa hafal 2 juz. Kita juga bisa mencoba untuk menghafal surat-surat yang biasa kita baca seperti Surat Al Kahfi atau Surat Yaasin. Semua itu bisa kita jadikan sebagai Target dalam Ramadhan kali ini.

Keyword yang kedua adalah Evaluasi. Bila kita ingin meningkatkan usaha kita, perlu yang namanya Evaluasi. Bila kita mengevaluasi ibadah-ibadah kita setelah Idul Fitri nanti, maka kita bisa meningkatkan ibadah kita di Ramadhan tahun depan. Agar Feedback dari Evaluasi bisa kita lakukan di dalam Ramadhan tahun ini, maka kita bisa mencoba mengevaluasi ibadah-ibadah kita setiap pekan, misalnya setiap hari Ahad. Sehingga dengan adanya Evaluasi yang kita lakukan setiap akhir pekan, kita bisa melist hal-hal apa saja yang menjadi kendala sehingga Target tidak tercapai. Yang paling penting adalah bagaimana Evaluasi itu dapat menjadi masukan untuk meningkatkan usaha-usaha kita dalam rangka mencapai Target tersebut di pekan-pekan berikutnya.

Target dan Evaluasi bisa berjalan dengan baik bila kita rapi dalam mencatatnya setiap hari. Misalnya di laptop atau di smartphone kita.

Mari kita sambut Ramadhan dengan sukacita,
Mari kita berlomba-lomba dalam beribadah dan berbuat kebaikan.
Mari kita berusaha dengan sekuat tenaga untuk mencapai Target-target yang kita buat di awal Ramadhan ini.

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Yokohama, 1 Ramadhan 1441H/24 April 2020M

Endrianto Djajadi
Ketua PIP-PKS (Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera) di Jepang

—- oOo —-

Web PIP-PKS Jepang : http://www.pks-jepang.org

Jadwal Imsakiyyah beberapa kota di Jepang : unduh

—- oOo —-

About pks

No information is provided by the author.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>