Uncategorized

Press Release Diskusi Kebangsaan

Press Release Diskusi Kebangsaan

PIP PKS Jepang mengadakan kegiatan Dialog Kebangsaan pada Minggu, 23 Desember 2019 di Tokyo, Jepang. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka edukasi politik kepada para pemilih pada pemilihan umum 2019 yang akan segera berlangsung. Kegiatan yang bertajuk “Peran Pemilih untuk Masa Depan Bangsa” ini menghadirkan Dr. Marsudi Budi Utomo yang merupakan ketua dpp pks bidang ekonomi, keuangan, industri, teknologi, dan lingkungan hidup (ekuintek-LH) serta alumni dari The University of Tokyo, Jepang. Diskusi hangat ini diikuti peserta dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, pekerja, profesional, perawat, ibu rumah tangga, dll.

Dalam paparannya Dr. Marsudi mengutip buku “Politik Uang di Indonesia: Patronase dan Klientelisme pada Pemilu Legislatif 2014” yang diterbitkan oleh PolGov Universitas Gajah Mada. Ada tiga poin penting dalam relasi antara pemilih dan kandidat dalam politik elektoral di Indonesia. Pertama adalah patronase politik, dimana relasi ini menitikberatkan pada pendistribusian materi atau keuntungan lain dari kandidat untuk menjaring suara pemilih. Yang kedua adalah klientelisme politik, yang menitikberatkan pada kedekatan relasi antara kandidat dan pemilih. Dan yang ketiga adalah oligarki politik dimana Negara dikendalikan untuk mencapai tujuan segelintir elit. Ketiga hal ini yang umumnya dilakukan oleh pelaku politik untuk menjaring sebanyak-banyaknya suara pemilih dalam suatu peristiwa politik.

Pendidikan politik yang menyeluruh, kepastian hukum, serta pembiayaan partai politik oleh Negara adalah beberapa solusi yang beliau tawarkan untuk memperbaiki kualitas pemilu di Indonesia. Dengan semakin cerdasnya pemilih, adanya kepastian hukum terhadap pelaku penyimpangan, serta aktifnya partai politik dalam melakukan pendidikan politik diharapkan pemilu di Indonesia dapat semakin berkualitas dan bebas dari praktik-praktik kecurangan.

Diskusi hangat ini ditutup Dr. Marsudi dengan harapan agar pemilu di Indonesia bisa semakin bersih, “money politik” dapat diberantas, dan para pemilih semakin cerdas menentukan kandidat yang benar-benar bagus berdasarkan visi yang dibawa bukan sekedar materi yang ditawarkan.

Penyelenggara:
Relawan PKS Kanto
Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera di Jepang (PIP-PKS Jepang)

http://www.pks-jepang.org

About pks

No information is provided by the author.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>