Islam di Jepang, Ramadhan, Seri Kehidupan di Jepang, Tausyiah

Sepatah dua patah kata dalam menyambut Bulan Ramadhan 1436H

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh 

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang begitu besar, yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita sehingga Insya Allah dalam beberapa hari ke depan kita bisa memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan dimana amalan-amalan sunah diganjar seperti amalan-amalan wajib, dan amalan-amalan yang lain diganjar berlipatganda.

Salawat serta salam kepada tauladan kita, pemimpin kita, Rasul kita Muhammad SAW yang telah membawa risalah ini sehingga saat ini kita dapat merasakan nikmatnya hidup di bawah naungan Islam.

Sahabat-sahabat …. 

Ramadhan setiap tahun datang pada diri kita. Kita sebagai seorang mukmin dengan rasa suka cita menyambutnya, karena kita meyakini akan banyak kebaikan-kebaikan yang akan kita rasakan pada bulan ini karena pada bulan ini umat muslim di sekitar kita melakukan kebaikan-kebaikan yang banyak, sehingga kita juga termotivasi untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang serupa. Suasana Ramadhan di Jepang tentu berbeda dengan di tanah air. Di kantor, di Lab, di sekitar rumah mayoritas tidak berpuasa, olehkarenanya kita yang berada di Jepang perlu mencari suasana agar bulan Ramadhan ini hadir dalam lingkungan kita. 

Beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain adalah: 

1. Meluangkan waktu secara khusus untuk beribadah kepada Allah SWT seperti membaca Al Quran setelah Isya/terawih, setelah subuh dll. 

2. Mengajak seluruh komponen keluarga untuk mengisi bulan Ramadhan ini dengan ibadah-ibadah yang menarik bagi anggota keluarga. Seperti melazimkan doa-doa harian, wirid-wirid pagi dan petang dll. 

3. Ikut partisipasi dalam acara2 Ramadhan yang diadakan masyarakat muslim di sekitar kita agar bulan Ramadhan tahun ini bisa menjadi bulan silaturahim bagi kita dengan kaum muslimin yang lainnya. 

Kami PIP-PKS Jepang juga ingin berkontribusi dalam menyemarakkan suasana di bulan Ramadahan ini dengan berbagai kegiatan seperti : 

1. Tarhib Ramadhan 

Alhamdulillah acara ini sudah terlaksana hari Ahad tanggal 14 Juni 2015. Bagi sahabat-sahabat yang tidak sempat mendengarkannya, silakan mendownload rekamannya di halaman berikut : http://pks-jepang.org/sdm_downloads/rekaman-kajian-ol-sambut-ramadhan-pip-pks-jepang/ 

2. Artikel Ramadhan 

Insya Allah secara berkala akan ditampilkan di web PIP-PKS Jepang di : http://www.pks-jepang.org 

Silakan mengunjungi web kami secara berkala. 

3. Kajian Online 

Akan membahas berbagai hal dan akan diumumkan detailnya lebih lanjut. 

Sahabat-sahabat .. 

Karena bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, agar kita tidak menyesal di akhir Ramadhan, mari kita buat program-program pribadi, keluarga dan masyarakat di awal bulan Ramadhan ini. Sehingga di akhir Ramadhan kita bisa mengevaluasi capaian-capaian ibadah kita. 

Mudah-mudahan Ramadhan tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. 

Gambarimasyou !!! 

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh 

Endrianto Djajadi 

Ketua PIP-PKS Jepang 

——- 

Ramadhan bulan Insyaf … Kembalilah kepada Allah.

Ramadhan bulan Insyaf …. Ayo Perbaiki Diri, Keluarga dan Masyarakat. 

Ramadhan bulan Insyaf … Doakan Indonesia dalam Puasa.

About pks

No information is provided by the author.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>