1. susahnya karena saya terlalu banyak minat. Jadi saya bingung mau ngetweet apa.sebagai pengantar tidur saya tweet soal seorang ustadz saja
2. namanya ustadz Hilmi atau KH Hilmi Aminuddin. Beliau dianggap misterius karena tiba2 jadi pusat perhatian pengamat politik Islam di sini
3. para pengamat ingin tahu siapa dia sebenarnya dan ada apa dibalik kepemimpinannya sebagai ketua Majelis Syuro PKS…lembaga tertinggi PKS
4. orang menganggap dia tidak punya sejarah tapi kenapa tiba2 bisa memimpin lembaga legislatif partai Islam terbesar ini..apakah dia otentik?
5. saya menyarankan semua orang untuk berkenalan dengan beliau karena beliau suka bergaul dia menerima semua tamu yg mau berjumpa dan sharing
6. sempat nyantri di tebuireng (pesantrennya Gus Dur) yg sekarang dipimpin Gus Sholah (adiknya Gus Dur) sd tahun 1958 lalu sekolah kejuruan
7. tahun 70-an akhir sempat mengenyam pendidikan di saudi Arabia dan mendapat gelar dalam bidang syarial (Licence, Lc). Lalu pulang berdakwah
8. masa-masa itu adalah masa sulit. Karena gerakan masyarakat sipil sangat dibatasi. Orde baru melakukan represi luar biasa..sampai mid 90-an
9. di tengah situasi itulah ust Hilmi terus bergerak menghadapi represi negara, termasuk dgn mendekam dalam penjara sebagai tahanan politik..
10. kepada saya beliau pernah menceritakan berbagai penyiksaan yg diterima..saya sarankan beliau menulis buku, tapi beliau belum merespon
11. tapi, waktu memang obat mujarab..situasi dunia saat itu telah memungkinkan tumbuhnya semangat baru di kalangan pemuda utamanya kampus
12. di sanalah Ust Hilmi membangun jaringan kerja-nya bersama anak-anak muda yg juga marah dgn represi orde baru dan juga “global injustice”
13. bersemailah dakwah kampus sejak awal 80-an dan menjamurlah jilbab di awal 90-an beserta atribut Islam lainnya, Ini efek lain orde baru
14. lanjut soal Ustadz Hilmy, jadi gelombang reformasi 98 adalah kesempatan. Itulah yang dibaca oleh beliau dan beberapa senior yang ada
15. saya lupa ketemunya persis kapan..tapi setahu saya sebelum suharto jatuh..kelebihan beliau karena mau mendengar yang di bawah
16. sudah sering sy dengar nama beliau sebelumnya tapi gak pernah jumpa..nampaknya waktu itu memang tidak mudah.sampai suatu hari saya kaget
17. karena dalam ketegangan kita penampilan beliau santai, rileks, tajam, analitikal, luas dan senang kalau kita berikan tulisan/paper
18. cara kerja beliau betul-betul jauh dari persepsi orang tentang figur santri masa itu; rasional, terencana dan disiplin pada lembaga
19. kalau dikasi buku/paper, beliau baca dan digarisbawahi dan mendiskusikannya secara mendalam. Beliau belajar cepat
20. kepribadian terbuka semacam inilah yang disalahpahami oleh banyak orang dan melahirkan tuduhan macam2, termasuk intel, dll
21. kepribadian macam ini pulalah yang menyebabkan mudahnya beliau bekerjasama dengan banyak orang, menjahit jaringan perjuangan
22. saya berkesempatan mendampingi beliau berjumpa banyak jenis manusia, mulai utusan partai komunis china dan hugo chaves sampai pejabat US
23. juga mendampingi perjalanan ke luar negara..beliau sangat mudah beradaptasi…tidak ada kakunya dan terbiasa dengan suasana metropilis
24. ini juga bisa menjadi salah paham karena banyak yg ingin tetap melihat kyai itu gagap dan canggung. Mereka ingin kyai tetap kuno/kolot
25. ustdz Hilmi kalau diajak bicara soal apapun akan luas; sejarah atau dinamika kontemporer..jiwanya wirausaha..senang bongkar pasang mobil
26. kalau ke rumah beliau kita kaget karena selalu ada bengkel dan kalau ada yg jual mobil bekas dia bongkar diperbaiki dan dijual lagi
27. kesenangannya pada mesin mobil ini sering menjadi ilustrasi-nya dalam menerangkan kerja jamaah (organisasi) dan cara kerja da’wah
28. jadi, PKS tumbuh dengan persepsi kelembagaan dan operasional yang modern. Partai ini dibiasakan hidup dalam tradisi organisasi modern
29. para pendahulu partai ini, termasuk KH rahmat Abdullah selain membesarkan kadernya, tetapi membiasakannya tunduk pada kerja lembaga
30. anda boleh besar dan populer tetapi kewibawaan struktur jangan anda kurangi. Itulah tradisi yang diwariskan pimpinan PKS ini ke depan
31. dan seterusnya saya akan bicara soal pengaruh abduh, afghani dan albanna..(Bagus tweps nonton “sang pencerah” sebagai selingan
32. nanti kita akan temukan apa yang mempertemukan mereka dan bagaimana mereka memberi pengaruh kepada dunia Islam termasuk Indonesia..
33. kita juga bisa mulai dari al mawardi (abad 8M), al ghazali (9M) atau ibn tamiyah (11M) dalam bidang pemikiran politik.tapi dr abad 17M.
34. al afghani lahir tahun 1838M di afghanistan, mempelajari berbagai ilmu dan dalam usia 20 tahun sudah mulai terlibat dalam pemerintahan..
35. penguasaan ilmu-nya yang luas membuatnya diangkat menjadi penasehat penguasa afghan saat itu hingga menjadi PM dari Muhammad Azam Khan
36. tapi penjajah inggris yang sdh mulai campur tangan tidak suka dengan afghani yg menyebabkannya meninggalkan afghan menuju India th 1869
37. india juga sedang dikuasai inggris, tahun 1871 afghani tidak betah dan pindah ke mesir, sambil mulai meninggalkan politik#ustadzhilmi
38. kegiatan intelektual afghani di Mesir berpengaruh luas tetapi ia akhirnya berpolitik & mempengaruhi berdirinya partai al hizb al watani
39. bahkan, dengan partai ini afghani mendorong penggulingan penguasa khedewi Ismail dan berkerjasama dgn putra mahkota tawfiq..#ustadzhilmi
40. tapi, afghani diusir dari mesir th 1879 juga karena tekanan inggris pada penguasa baru itu…afghani akhirnya menuju paris.
41. sepuluh tahun di eropa, afghani mencatat keterlibatan yang luas dalam berbagai politik. Di paris dia juga bertemu abduh..#ustadzhilmi
42. singkat cerita, afghani adalah tokoh yg paling berpengaruh, mungkin karena keterlibatnnya yang luas dalam politik islam#ustadzhilmi
43. tahun 1889 afghani diundang oleh khalifah sultan hamid ii untum menjadi penasehatnya, afghani wafat di istanbul 1897..#ustadzhilmi
44. afghani tidak sempat masuk abad 20 (kurang 3 tahun) tetapi mengaruhnya sangat menonjol pada para pembaharu setelahnya#ustadzhilmi
45. sekarang lanjutkan sedikit ke tokoh2 lainnya dan nanti kita lihat pengaruh keseluruhannya pada dunia Islam termasuk kita#ustadzhilmi
46. pertemuan itu merubah abduh dari kecendrungan sufi kepada kecendrungan haraki (pergerakan) dan dari kecendrungan sempit #ustadzhilmi
47. ingat dialog ketika ketika KHADahlan pulang haji yang pertama? Ia membawa majalah “almanar” yang kelak diteruskan albanna..#ustadzhilmi
48. itu salah satu inti dari pembaharuan afghani, abduh yang kelak diteruskan rasyid ridha dan al banna, melawan kejumudan umat#ustadzhilmi
49. masa2 pembaharu ini diwarnai oleh ketertindasan ummat oleh kaum kolonial dan kebodohan yang luar biasa..rasionalitas meluas#ustadzhilmi
50. kita belok sedikit kepada “sang pencerah”, apa yg mencemaskan para ulama kauman pada awalnya? Otoritas agama yg dilawan #ustadzhilmi
51. pembaharuan abad 21 ditandai oleh kebangkitan internal ummat Islam di mana2 yg memiliki 2 sasaran; penjajah dan otodoksi #ustadzhilmi
52. para pembaharu ini memang banyak yg tidak sepakat dengan cara melawan penjajah tapi soal pendidikan mereka sepakat#ustadzhilmi
53. dlm “sang pencerah” skenario di dominasi oleh peristiwa internal ummat. KHAD banyak meluruskan TBC(taqlid bid’ah churafat) #ustadzhilmi
54. kyai Dahlan digambarkan mengusulkan perubahan arah kiblat sebagai simbolisasi penggunaan pengetahuan dan menolak taqlid #ustadzhilmi
55. Dahlan menuai tuduhan kafir dan mushollah tempat kiblat baru dimulai dirubuhkan oleh otoritas agama yang mapan #ustadzhilmi
56. dahlan hampir menyerah dan meninggalkan kauman, merasa bahwa dia tidak mendapat dukungan setelah langgarnya dirobohkan #ustadzhilmi
57. langgar kauman berdiri kembali dan da’wah tidak surut. Dahlan mundur dari jabatan katib masjid besar dan pergi haji lagi #ustadzhilmi
58. dahlan mengajarkan kalimat kaum pembaharu “islam asing di mata kaum muslimin”, militansi menguat dan kematangan bertambah #ustadzhilmi
59. tapi penampilannya berubah memakai baju priyayi jawa dan bergabung dengan budi oetomo..mengajar Islam di sekolah priyayi #ustadzhilmi
60.budi oetomo lahir atas keprihatinan yang sama. Bedanya hanya mereka berjarak dengan suara kaum santri,dahlan menjembataninya #ustadzhilmi
61. dahlah telah mencerahkan ummatnya tentang keterbelakangan berabad2 dan membangkitkan bangsa ini dari perasaan lemah. #ustadzhilmi
62. dahlan membangunkan umat dari ketakutan akan kemajuan barat dan menuduh modernisasi sebagai kafir..#ustadzhilmi
63. kita nyaris kehilangan kepercayaan diri di tengah kemiskinan dan kebodohan ummat di hadapan kaum kolonial yang nampak hebat #ustadzhilmi
64. dahlan mengajak membaca ali imron 104 (tentang perlunya kaumpembaharu) yang mengajak pada kebaikan dan mencegah yg mungkar #ustadzhilmi
65. lahirlah sebuah gerakan pembaharuan yang fenomenal sejak 1912 diberi nama Muhammadiyah artinya “pengikut Muhammad” #ustadzhilmi
66. tahun 1912 kira2 apa yang terjadi dengan abduh, ridha dan al banna pendiri ikhwan? Dan bagaimana dia mempengaruhi abad 20? #ustadzhilmi
67. nantikan tweet berikutnya…istirahat sejenak…
68. mereka membentuk organisasi dan majalah bernama “al urwah al wustqa”. Tulisannya menentang imperialisme di dunia Islam#ustadzhilmi
69. urwatul wutsqa juga berisi rancangan perjuaangan bahkan revolusi karena itu umurnya hanya 8 bulan (18 edisi). Barat takut.#ustadzhilmi
70. sepulang ke mesir th 1889, Abduh dipercaya menjabat menjadi hakim dan akhirnya menjadi mufti negara sampai wafat th 1905.#ustadzhilmi
71. rasyid ridha yg lahir th 1865 di Tripoli bertemu Abduh th 1882 di beirut. Pergumulan mereka melahirkan kesepakatan.#ustadzhilmi
72. Rasyid Ridha yang sangat kagum pada abduh dan afghani menganggap penerbitan urwatul Wutsqa perlu diteruskan.#ustadzhilmi / @fahrihamzah
73. maka lahirlah “majalah al manar” yg copy-nya di bawa kyai Ahmad Dahlan sepulang haji pertama th 1888. #ustadzhilmi / @fahrihamzah
74. inti keyakinan Abduh pada pendahulunya adalah a) pembangunan Islam hanya bisa jika kembali kepada qur’an dan sunnah. #ustadzhilmi
75. kedua b) kolonialisme harus dilawan di segala bidang dan c) mengakui kemajuan barat dalam bidang sains & teknologi.#ustadzhilmi
76. maka, Hasan al Banna, pendiri al ikhwan al muslimin sangat terpengaruh kepada 3 serangkai (afghani, abduh dan ridha)#ustadzhilmi
77. majalah dan tafsir “al manar” yang adalah masterpiece dari 3 tokoh pendahulu itu dibaca albanna dgn disiplin #ustadzhilmi / @fahrihamzah
78. al banna lahir di abad 20 (1906) dan jauh lebih muda dari KH ahmad dahlan (1868), meski keduanya membaca “almanar”.#ustadzhilmi
79. karena itu sedikit banyak, apa yang terjadi pada KHAD juga terjadi pada al banna. Bedanya pada kecendrungan organisasinya.#ustadzhilmi
80. ikhwan menginspirasi seluruh dunia Islam dalam gerakan pan Islamisme meneruskan khotbah afghani..#ustadzhilmi / @fahrihamzah
81. sementara itu, Muhammadiyah yang lahir 16 tahun lebih awal tidak memiliki beban Pan Islamisme..#ustadzhilmi. / @fahrihamzah
82. itulah sebabnya Ikhwan sampai saat ini dianggap sama dengan Hizbut Tahrir yang mengkampanyekan kekhalifahan..#ustadzhilmi / @fahrihamzah
83. padahal para ulama Ikhwan itu beragam dan memilliki pemikiran yg dinamis, termasuk menganggap tidak ada konsep negara agama #ustadzhilmi
84. Di Indonesia, di bawah rezim otoriter. Kaum muda memerlukan ide dan rumusan tentang perlawanan atas hegemoni negara#ustadzhilmi
85. maka ide ikhwan lbh mudah mempengaruhi. Sistem usroh misalnya pernah dicoba di semua mesjid kampus yg besar.#ustadzhilmi / @fahrihamzah
86. bahkan #ustadzhilmi menyampaikan kepada presiden SBY secara terbuka bagaimana usroh itu diadopsi dalam kaderisasi PKS #ustadzhilmi
87. kalau ada pertanyaan, apakah PKS terpengaruh Ikhwan, maka kita mengatakan bahwa hampir tidak ada gerakan Islam yg tidak..#ustadzhilmi
88. Dibandingkan Ikhwan, ustadz Hilmi lebih mungkin dituduh wahabi sebagaimana juga tuduhan kepada muhammadiyah..#ustadzhilmi
89. karena beliau sekolah di saudi. Tetapi, semua orang sekolah di mekkah, termasuk pendiri NU & Muhammadiyah. #ustadzhilmi / @fahrihamzah
90. sebagai ilustrasi: KHAD & KH hasyim asyari (pendiri NU) memiliki guru tetap di makkah (syaikh ahmad khatib al minangkabawi) #ustadzhilmi
91. #ustadzhilmi sering katakan bahwa kita ini adalah kelanjutan dr semua pejuang yg pernah meletakkan batubata pada rumah masa depan kita
92. sekarang, apakah dia dipengaruhi oleh NII atau gerakan Islam lokal. Maka yang benar adalah beliau memberikan pengaruh#ustadzhilmi
93. sejarah gerakan Islam vs pemerintah di negeri ini memang tidak pernah mulus betul. Pergesekan abadi. #ustadzhilmi / @fahrihamzah
94. sekarang tiba saatnya hentikan konflik ideologi & politik aliran dan memulai itikad bersama bangun negeri #ustadzhilmi / @fahrihamzah
95. jika melihat PKS, maka #ustadzhilmi mengajak semua pihak bersatu. Koalisi dibuka dengan siapapun sesama anak bangsa. / @fahrihamzah
96. konflik adlh warisan kolonial & pembodohan yg hasilnya mereka nikmati berabad2. Sudah saatnya kita hentikan. #ustadzhilmi / @fahrihamzah
97. ada 2 jenis konflik yg ditinggalkan para penjajah.Konflik ideologi & perbatasan. pertama PR internal dan yg kedua external #ustadzhilmi
98. kita akan kehilangan tenaga jika kebebasan kita hari ini dipakai untuk saling usil. Demokrasi kita pakai cari makan aja #ustadzhilmi
99. kita bangun kekuatan rakyat, kita perkuat etos kerja dan kewirausahaan sehingga negara jadi punya kekuatan #ustadzhilmi/ @fahrihamzah
100. kita cukupin seratus. Kapan2 kita sambung. #ustadzhilmi / @fahrihamzah