Berpuasa di Musim Panas

Seri Kehidupan di Jepang

Assalamualaikum wr wb

Seperti halnya tahun lalu, Insya Allah Ramadhan tahun ini juga jatuh pada musim panas.

Salah satu masalah yang harus diwaspadai ketika berpuasa dimusim panas adalah dehidrasi akibat banyaknya cairan yang hilang dari tubuh. Bila terjadi kekurangan cairan, salah satu respon yang muncul dari tubuh adalah timbulnya rasa haus. Rasa haus yang berlebihan merupakan salah satu gejala dehidrasi ringan. Bila derajat dehidrasi meningkat, penderita dapat merasa sakit kepala hebat, bibir pecah-pecah, kram pada otot gerak, pusing atau sedikit gelap ketika bangkit dari duduk. Gejala lain dari dehidrasi dapat berupa perasaan lemas, penurunan kesadaran, penurunan tekanan darah, dan peningkatan frekuensi denyut nadi. Tentu saja sangat tidak nyaman kita menjalankan puasa dalam keadaan seperti itu, bahkan bila dibiarkan berlanjut dapat menyebabkan sakit.

Menghindari dehidrasi bukan berarti kita bisa minum dengan berlebihan pada saat sahur. Misalnya, langsung menenggak habis satu liter air sekali minum. Minum air sekaligus dalam jumlah berlebih pada saat sahur justru merangsang pusat pengendalian keseimbangan cairan di hipotalamus. Rangsangan tersebut dapat mengakibatkan pengeluaran air melalui mekanisme berkemih.

Pada saat sahur, mengkonsumsi dua gelas air putih (kurang lebih setara dengan 500 cc air) sudah mencukupi kebutuhan. Di akhir waktu sahur kita bisa menambah asupan cairan dengan melahap buah berserat. Kadar air buah bisa dimanfatkan sebagai cadangan cairan. Seratnya akan membantu proses pelepasan gula dalam secara perlahan-lahan. Dengan demikian, kita tidak akan mudah merasa lapar.

Sebaiknya hindari minuman yang bersifat diuretic (merangsang pengeluaran cairan tubuh) berupa teh, kopi, dan minuman bersoda. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang bersifat diuretik memudahkan keluarnya cairan tubuh melalui mekanisme berkemih, akibatnya tentu saja pengeluaran cairan jadi lebih banyak.

Penting juga untuk menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat, sehingga membantu mengurangi penguapan cairan tubuh.

Semoga Allah memudahkan kita dalam mendulang pahala di bulan Ramadhan ini tanpa mengurangi kualitas aktivitas kita sehari-hari.

Selamat berpuasa.

wasalam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *