PKS EXPO 2014 Nagoya: Golput No Way

Uncategorized

1798551_10202666178649212_551078076_n

Bendera PKS nomor 3 terpampang jelas di atas jembatan, persis di sebelah pintu keluar stasiun JR Kasadera, Nagoya, lengkap dengan petunjuk arah tempat PKS Expo digelar. Siapapun yang melihatnya membuat takjub dan bergetar hati. Bendera sebuah partai politik Indonesia di Negari matahari terbit, pada hari Ahad, 9 Maret 2014 berkibar-kibar tersibak angin musim dingin.

Kegiatan ini dihadiri segenap warga Negara Indonesia dari berbagai pelosok Jepang, mulai dari Tokyo dan Ishikawa yang ada di sebelah utara Nagoya, hingga Osaka, Kobe, Kyoto, Hiroshima di sebelah selatannya. Berbagai lapisan masyarakat menghadiri acara ini, mulai dari trainee, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelaku bisnis, dan juga beberapa profesor. Orang asli Jepang pun tampak hadir, umumnya berasal dari pasangan mix couple, yaitu orang Jepang yang menikah dengan orang Indonesia dan juga beberapa orang Jepang yang tertarik dengan budaya Indonesia.

Acara ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan sambutan dari ketua PIP-PKS, Endrianto Djajadi, M.Eng. Beliau mengingatkan kita tentang sejarah PKS yang selalu menjadi pemenang dalam pemilu di Jepang. Tahun ini saatnya kembali menorehkan sejarah menjadikan PKS menjadi nomor satu dalam perolehan suara pemilu legislatif 2014.

Ceramah PKS EXPO 2014: Golput No Way

PPLN Tokyo yang diwakili Bapak Geradi, menerangkan dengan jelas pendaftaran pemilih dan cara mencoblos secara sah surat suara. Penjelasan yang begitu berharga bagi siapapun yang hadir saat itu. Menurut PPLN, cadangan surat suara di Jepang bagi yang mendaftar di hari-H hanya 2% dari total data 10.000 pemilih.

Surat suara mungkin ada yang kembali dari meraka yang tidak ada ditempat, pindah rumah tanpa lapor, maupun salah tulis alamat, semua ini akan menjadi surat suara cadangan yang baru. Isi amplop yang akan dikirimkan ke pemilih adalah surat suara, dua buah amplop untuk surat suara dan pengiriman kembali, formulir, petunjuk pencoblosan dan pengiriman kembali. Kirim kembali tanggal 6 April 2014. Surat suara sekarang ini harus dicoblos, bukan dicontreng seperti pemilu lima tahun yang lalu.

Surat suara yang sah adalah yang mencoblos partai saja, coblos caleg saja atau coblos satu caleg dan partai. Jika mencoblos dua caleg dan partai mapun mencoblos dua caleg saja dalam satu partai, maka suara akan diberikan ke partai. Coblos di garis batas masih sah. Coblos beberapa kali pada satu caleg juga sah. Coblos di daerah abu-abu masih sah dan masuk ke suara partai. Coblos caleg yang sudah meninggal maupun mundur juga sah dan diberikan ke partai. Coblos partai dan caleg yang beda partai tidak sah. Coblos di luar kotak maka tidak sah.

Motto dari PPLN ini adalah mari menjadi pemilih yang cerdas untuk Indonesia yang lebih baik. Sekjen PIP-PKS, Bondan Setiawan, dan MC memandu Quiz bagaimana mencoblos PKS yang sah.

Acara inti PKS Expo kali ini diisi dengan tabligh akbar oleh Dr. Ali Akhmadi MA, Al-Hafidz mengenai “Peran Warga Negara Menurut Al-Quran”. Ustadz Ali Akhmadi menyampaikan bahwa, sebuah partai dakwah selalu memulai pertemuannya dengan Al Quran, mendapatkan spirit dari Al Quran. Allah SWT tidak akan membinasakan suatu negeri jika penduduknya baik. Perlunya orang sholeh yang mau bergerak dan melakukan perubahan pada penduduk untuk menjadi lebih baik. Oleh Karena itu, penting bagi kita untuk memilih orang-orang yang sholeh yang akan mengetuk palu hukum yang memayungi hajat hidup orang banyak. Salah satu orang sholeh yang berada pada dapil luar negeri adalah Dr. H. Taufik Ramlan Wijaya.

Acara dengan motto Golput No Way! ini menyediakan berbagai bazar yang menjual berbagai keperluan pengunjung, yaitu baju muslim, buku-buku bacaan Islam, Al-quran, makanan khas Indonesia, kreasi handmade dan stand utama PKS yang berisi souvenir, kaos, jaket PKS.

Lomba menghias tumpeng yang diikuti oleh lima group ibu-ibu dari berbagai daerah dan lomba photography ikut menyemarakkan acara PKS Expo tahun ini. Kids Corner, pojok bermain untuk anak yang dihiasi balon-balon cantik warna-warni bergambar lambang PKS nomor 3, menyediakan berbagai permainan untuk adik-adik cilik kita. Permainan terdiri jadi tiga jenis: permainan islami, permainan traidisional Indonesia dan permainan khas Jepang, seperti: puzzle, lempar gelang, memindahkan bola dengan tali, karuta islami, congklak, lompat tali dan masih banyak lagi.

Acara dimeriahkan pula dengan penampilan hafalan anak-anak surat An-Naba oleh anak-anak usia TK dan SD, tari padang dari SD Indonesia di Jepang, nasyid tombo ati dari para kenshusei, nasyid shalawat, penampilan piano dan masih banyak lagi. Di setiap sesi acara panitia pun kreatif memberikan pertanyaan quiz seputar pemilu dan juga memberikan hadiah yang menarik bagi yang berhasil menjawab dengan benar.

Acara ini ditutup dengan video conference bersama caleg luar negeri dari PKS yaitu Dr. H. Taufiq R. Wijaya yang sedang melaksanakan acara serupa di Hongkong. Sesi tanya jawab yang digelar cukup memuaskan pertanyaan dan keingintahuan untuk persiapan pemilu 9 April 2014 yang datang.

Acara PKS EXPO 2014 di Nagoya begitu terasa manfaatnya bagi warga Indonesia di Jepang, terutama Jepang tengah dan sekitarnya. (MRK dan SY, panitia PKS Expo 2014)

2 thoughts on “PKS EXPO 2014 Nagoya: Golput No Way

  1. I love pks…saya ingin berbagi pengalaman..demi pks saya rela merogoh saku rp 2 juta utk pulang(dari palangka raya ke pontianak pp)hanya memberikan 1 suara utk pks saya yakin pks menjadi 3 besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *