Pulang Mendadak ke Indonesia dalam Kondisi Pandemi (Bagian Kedua)

Artikel Seri Kehidupan di Jepang

Penulis: Endrianto Djajadi

Pada tulisan pertama, saya sedikit berbagi tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum kepulangan mendadak ke Indonesia. Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi tentang bagaimana urutan aktifitas kita ketika mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan bagaimana suasana karantina di hotel.

Untuk alur prosesnya sebenarnya, kita bisa mengikuti penumpang yang sama-sama turun dari pesawat. Akan tetapi, agar lebih jelas lagi, saya akan berbagi mengenai urutan ketika kita tiba di bandara.

  1. Kita mengisi formulir, nama, tempat tinggal, nomor pesawat dan pengecekan hasil PCR dari Jepang. Juga ditanya apakah sudah vaksin atau belum, sudah reservasi hotel atau belum, dan lain-lain.
  2. Imigrasi seperti biasa
  3. Mengambil barang seperti biasa
  4. Setelah menyerahkan formulir beacukai, kita diarahkan keluar gedung di area yang ada di samping jalan raya. Di sana banyak petugas satgas berseragam.
  5. Kita akan ditanya apakah sudah reservasi hotel atau belum. Kalau sudah, maka kita akan diarahkan ke satgas yang menangani hotel.
  6. Satgas akan memanggil penanggung jawab hotel untuk datang ke tempat satgas untuk bertemu dengan kita. Jadi, di bandara para penanggung jawab hotel sudah siap siaga menunggu kedatangan tamu. Setelah penanggung jawab hotel datang, serah terima dari satgas ke pihak hotel, dan satgas mengambil foto kita bersama penanggung jawab hotel. Penanggung jawab hotel mengisi formulir dan kita diminta untuk menyerahkan paspor. Kita akan mendapatkan surat bukti yang nantinya akan digunakan ketika mengambil paspor saat check out dari hotel di hari terakhir karantina.
  7. Kita akan diantar ke tempat menunggu penjemputan. Penanggung jawab hotel mengisi formulir di posko satgas sebelum mengantar ke mobil penjemputan. Setelah itu kita akan difoto di depan mobil penjemputan.
  8. Setelah tiba di hotel, kita tidak masuk lewat lobi biasa, tetapi mobil masuk ke basement. Di basement, pihak hotel sudah menunggu dan akan mengecek suhu kita. Masing-masing hotel memiliki prosedur untuk tamu dari bandara.
  9. Check in hotel dan pembayaran dengan kartu kredit. Selain pembayaran dengan kartu kredit, kita juga bisa membayar melalui transfer bank di Indonesia. Paling lambat H-3. Setelah itu, kita bisa masuk kamar dan bento untuk makan malam sudah tersedia.
  10. Setelah sampai di kamar, petugas PCR datang dan mengecek PCR dengan mengambil sampel dari hidung dan saliva.
  11. Bila hasilnya positif, maka di hari berikutnya kita akan dihubungi. Bila hasilnya negatif, mereka tidak akan menghubungi kita.

Mengenai fasilitas hotel,

  1. Ramah dan kooperatif.
  2. Kamar bersih.
  3. Prokes bagus.
  4. Benar-benar tidak bisa keluar karena semua akses keluar dikunci.
  5. Makanan berupa bento dan bervariasi. Ada daftar menunya dan kita bisa pilih.
  6. Lokasi di pusat kota dengan jendela menghadap ke jalan besar, jadi ada matahari masuk dam mengurangi kebosanan.
  7. Wifi untuk internet lancar

Demikian sekilas tentang urutan aktifitas kita dari mendarat di bandara hingga masuk ke kamar hotel.

Yokohama, 20 Agustus 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *